Kurikulum

Rpp KKPI Kelas X


RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LESSON PLAN
( RPP )

Sekolah                         : SMK Negeri 1 Ampelgading
School
Mata Diklat                  : KKPI
Subject / level
Kelas /Semester            : X/1
Class / Semester           
Waktu                          : 8 jam x @ 45 menit ( 4 x pertemuan )
Duration
Pertemuan ke              : 1 - 4
Meeting to
Standart Kompetensi  : Mengoperasikan PC stand alone
Competency                 
Kompetensi Dasar        : Mengoperasikan sistem operasi berbasis teks
Basic  Competency
                                       
Indikator                      :
Indicator
1              Sistem komputer dijelaskan dengan rinci
2.            Sistem dinyalakan sesuai dengan prosedur yang benar.
3.            Indikator keberhasilan sistem ditampilkan pada layar monitor
4.            Perintah perintah sistem operasi siap dijalankan
5.            Perintah membuat folder, melihat, mengubah dan menghapus dijalankan sesuai dengan ketentuan
6.            Perintah menyalin, menghapus, dan memindahkan file dilakukan dengan baik
7.            Perintah untuk membuat, menghapus, memperbaharui file konfigurasi sistem dibuat secara benar
8.        Prosedur shut down sistem dilakukan secara benar


I.          Tujuan Pembelajaran

              Goal
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat  menjelaskan :

1              Sistem komputer dengan rinci
2.            Komputer dinyalakan sesuai dengan prosedur yang benar
3.            Keberhasilan sistem ditampilkan pada layar monitor
4.            Perintah perintah sistem operasi siap dijalankan
5.            Perintah membuat folder, melihat, mengubah dan menghapus dijalankan sesuai dengan ketentuan
6.            Perintah menyalin, menghapus, dan memindahkan file dilakukan dengan baik
7.            Perintah untuk membuat, menghapus, memperbaharui file konfigurasi sistem dibuat secara benar
8.            Prosedur shut down sistem dilakukan secara benar



II.     Materi Pembelajaran :
             Materials                                                                                           
·            Sistem Komputer
·            Prosedur penyalaan komputer
·            Identifikasi POST
Ø suara
Ø tampilan
·            Internal Command
·            Eksternal Command
·            Prosedur shut down

III.             Metode Pembelajaran

           Methodes
-          Ceramah,
-          demonstrasi,
-          diskusi
-          praktek

IV.          Proses Kegiatan Belajar Mengajar :

Teching learning Process

No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
1.      Kegiatan Awal ( Pre Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial




1.  Mengecek persiapan siswa kemudian berdo’a
2. Mendiskusikan Langkah awal penyalaan komputer dalam kehidupan sehari-hari


5

10


Taqwa
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
2.      Kegiatan Inti( Whilst Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial

















·       Menjelaskan sistem komputer (input,proses,output, storage), hardware, software  singkat dan jelas (Eksplorasi)
·       Menjelaskan dan melakukan prosedur penyalaan komputer secara benar
·       Mengidentifikasikan kondisi komputer yang siap dengan melihat tampilan pada layar monitor dengan teliti (Elaborasi)
·       Menjelasakan dan melakukan perintah-perintah internal dengan penulisan yang benar
·       Menjelaskan dan melakukan perintah-perintah eksternal dengan penulisan yang benar (Konfirmasi)


30
Menit












30 menit


30 menit


30 menit


30 menit


Kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
3.  Kegiatan Akhir ( Post  Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial



Menyimpulkan dan memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
15 menit




II.                    Alat ( Appliance )

LCD Proyektor
Komputer

III.                Bahan ( Subtansce )

Modul KKPI Kelas X
Artikel dari Internet

IV.                  Penilaian  / Evaluasi ( Assessment / Evaluation )

Tes praktik, tugas mencari artikel dan observasi

a. Untuk Mata Diklat Produktif dan Mata Pelajaran Normatif  Adaptif yang praktik.
     ( For Subject Produktif and Normatif Adaptif wich work )

No
Nama Siswa
Name
Aspek yang dinilai ( score Aspect )
Nilai        ( Score )
Psikomotorik         ( Psikomotorik)
70 %
Kognitif    (Cognate )
 15 %
Sikap  (Attitude )
15 %
1





2





3






    
                           
                     Ampelgading, Juli.2011
                                Anknowledge
                           WKS 1                                                                  Teacher



                       (Aris Budiriyanto, S.Pd)                                         (Rohman Pujadi, S.Kom)
                    NIP. 19770804 200701 1 008                                NIP. 19741111 200901 1 004
                                                                   

 






 










RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LESSON PLAN
( RPP )

Sekolah                         : SMK Negeri 1 Ampelgading
School
Mata Diklat                  : KKPI
Subject / level
Kelas /Semester            : X/1
Class / Semester           
Waktu                          : 8 jam x @ 45 menit ( 4 x pertemuan )
Duration
Pertemuan ke              : 5 - 8
Meeting to
Standart Kompetensi  : Mengoperasikan PC stand alone
Competency                 
Kompetensi Dasar        : Mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI
Basic  Competency
                                       
Indikator                      :
Indicator
1.            Pointing device (seperti mouse) dijelaskan secara benar
2.            Mouse digunakan untuk melakukan perintah pengelolaan file dan folder, seperti melihat isi folder, membuat, mengubah, menghapus, mengganti nama file/ folder, menyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain
3.            Pointing device dengan cara “point & click” maupun “click & drag” dilakukan pada lingkungan GUI
4.            Pengelolaan sistem manajemen menu tampilan, icon dan tampilan utama dilakukan dengan benar
5.            Device input output diinstalasi pada sistem dengan cermat dan teliti
6.            Program pada sistem operasi berbasis GUI dibuka dan ditutup sesuai prosedur
7.            Proses shut down dilakukan secara benar sesuai dengan SOP

V.        Tujuan Pembelajaran

        Goal
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat  menjelaskan :

§  Pointing device (seperti mouse) secara benar
§  Mouse digunakan untuk melakukan perintah pengelolaan file dan folder, seperti melihat isi folder, membuat, mengubah, menghapus, mengganti nama file/ folder, menyalin/ memindahkan folder dan menyalin/ memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain
§  Pointing device dengan cara “point & click” maupun “click & drag” dilakukan pada lingkungan GUI
§  Pengelolaan sistem manajemen menu tampilan, icon dan tampilan utama dilakukan dengan benar
§  Device input output diinstalasi pada sistem dengan cermat dan teliti
§  Program pada sistem operasi berbasis GUI dibuka dan ditutup sesuai prosedur
§  Proses shut down dilakukan secara benar sesuai dengan SOP



II.     Materi Pembelajaran :
             Materials                                                                                           
·         Pengetahuan peralatan pointing device
·         Membuat, menyalin, mengubah dan menghapus file satu persatu, kelompok dan seluruh
·         Membuat , menyalin, mengubah dan menghapus folder satu persatu, kelompok dan seluruh  Pengaturan tampilan window sesuai dengan kebutuhan
·         Perintah-perintah untuk mengelola menu, icon dan tampilan utama
·         Install printer, scanner, kartu jaringan, Prosedur Shutdown komputer

V.                 Metode Pembelajaran

           Methodes
-          Ceramah,
-          demonstrasi,
-          diskusi
-          praktek

VI.          Proses Kegiatan Belajar Mengajar :

Teching learning Process

No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
1.      Kegiatan Awal ( Pre Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial







1.  Mengecek persiapan siswa kemudian berdo’a
2. Mendiskusikan Langkah awal penyalaan peralatan peralatan pointing device


5

10


Taqwa
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
2.      Kegiatan Inti( Whilst Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial

















·         Menjelaskan jenis-jenis piranti pointing device
·         Menggunakan peralatan peralatan pointing device sesuai dengan kebutuhan
·         Menjelaskan dan melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah dan menghapus file baik satu persatu, kelompok dan menyeluruh
·         Menjelaskan dan melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah folder baik satupersatu, kelompok dan menyeluruh
·         Menjelaskan dan melakukan pengaturan tampilan kerja
·         Menjelaskan dan melakukan prosedur untuk mengelola menu, icon dan tampilan utama
·         Menjelaskan dan melakukan prosedur instalasi printer, scaner, kartu jaringan.
·         Menjelaskan dan melakukan prosedur shutdown
`

30
Menit














30 menit



30 menit


30 menit

30 menit

30 menit


Kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
3.  Kegiatan Akhir ( Post  Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial



Menyimpulkan dan memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
15 menit




VI.                  Alat ( Appliance )

LCD Proyektor
Komputer

VII.              Bahan ( Subtansce )

Modul KKPI Kelas X
Artikel dari Internet

VIII.             Penilaian  / Evaluasi ( Assessment / Evaluation )

Tes praktik, tugas mencari artikel dan observasi

a. Untuk Mata Diklat Produktif dan Mata Pelajaran Normatif  Adaptif yang praktik.
     ( For Subject Produktif and Normatif Adaptif wich work )

No
Nama Siswa
Name
Aspek yang dinilai ( score Aspect )
Nilai        ( Score )
Psikomotorik         ( Psikomotorik)
70 %
Kognitif    (Cognate )
 15 %
Sikap  (Attitude )
15 %
1





2





3






EVALUASI
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.      Salah satu aplikasi perkantoran yang banyak dipergunakan pada lingkungan system operasi Linux adalah …
  1. Star-page Office
  2. Disklese System
  3. OpenOffice
  4. GNOME
  5. KDE-Office
2.      Salah satu cara untuk memulai Aplikasi pada system operasi Linux dalam modus GUI (Graphical User Interfaces) adalah ...
  1. Mengklik satu kali pager yang ada pada toolbars
  2. Mengklik satu kali pada tombol K-Menu yang ada pada toolbars
  3. Klik kanan pada K-Menu yang ada pada toolbars
  4. Klik kanan pada pager yang ada pada toolbars
  5. Klik kanan pada icon Trash yang ada pada desktop
3.      Mana hal berikut yang berarti menggerakan penunjuk mouse pada layar ...
  1. Menekan tombol panah pada keyboard
  2. Menggerakan mouse hingga penunjuk bergerak
  3. Menggerakan mouse hingga penunjuk bergerak dan menekan tombol kiri mouse
  4. Menggerakan mouse hingga penunjuk bergerak dan klik kanan
  5. Menekan tombol kiri mouse tanpa melepas lalu menggerakkan mouse
4.      Tombol kombinasi adalah …
  1. Menekan dua atau lebih tombol pada keyboard pada waktu yang sama, seperti menekan tombol <ALT> dan <TAB> pada waktu yang sama
  2. Satu cara untuk mengunci komputer Anda dan membuka kunci dengan menekan tombol kombinasi yang sama
  3. Menggunakan keyboard yang digabungkan dengan mouse
  4. Kombinasi Keyboard dengan input device lainnya
  5. Menggunakan keyboard dan finger scanner dalam waktu yang bersamaan
5.      Menampilkan daftar hal yang dapat dilakukan terhadap satu objek adalah ...
  1. Menunjuk satu objek dan menekan tombol <CTRL>+<P>
  2. Menyentuh satu objek dengan jari Anda
  3. Klik pada satu objek
  4. Klik kanan satu objek
  5. Klik kanan sebanyak dua kali pada satu objek
6.      Tombol <F1> pada aplikasi Windows berfungsi ...
       A.    Menampilkan Windows pertolongan pada aplikasi yang sedang aktif
        B.    Menampilkan Windows pertolongan pada semua aplikasi yang dibuka
       C.    Menampilakan Windows Explorer
       D.    Perintah Format pada hardisk system
        E.    Menampilkan File maupun Folder pada drive D

Kuci Jawaban :

            1. C                 3. B                 5. C
            2. A                 4. A                 6. A



                              

                               Ampelgading, Juli.2011
                                Anknowledge
                           WKS 1                                                                  Teacher



                       (Aris Budiriyanto, S.Pd)                                         (Rohman Pujadi, S.Kom)
                    NIP. 19770804 200701 1 008                                NIP. 19741111 200901 1 004
                         












RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LESSON PLAN
( RPP )

Sekolah                         : SMK Negeri 1 Ampelgading
School
Mata Diklat                  : KKPI
Subject / level
Kelas /Semester            : X/1
Class / Semester           
Waktu                          : 6  jam x @ 45 menit ( 3 x pertemuan )
Duration
Pertemuan ke              : 9 - 11
Meeting to
Standart Kompetensi  : Mengoperasikan sistem operasi software
Competency                 
Kompetensi Dasar        : Menginstal sistem  operasi software
Basic  Competency
                                       
Indikator                      :
Indicator
1.      Fungsi software sistem operasi dijelaskan dengan benar
2.      Langkah-langkah menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
3.      Cara menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
4.      Software sistem operasi diinstal sesuai dengan SOP
5.      Software sistem operasi dioperasikan dan berjalan secara normal
6.      Fungsi software aplikasi dijelaskan dengan benar
7.      Langkah-langkah menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
8.      Cara menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
9.      Software aplikasi diinstal sesuai dengan SOP
10.  Software aplikasi dioperasikan dan berjalan secara normal

IX.     Tujuan Pembelajaran

        Goal
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat  menjelaskan :
·         Fungsi software sistem operasi dijelaskan dengan benar
·         Langkah-langkah menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
·         Cara menginstal software sistem operasi dijelaskan dengan benar
·         Software sistem operasi diinstal sesuai dengan SOP
·         Software sistem operasi dioperasikan dan berjalan secara normal
·         Fungsi software aplikasi dijelaskan dengan benar
·         Langkah-langkah menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
·         Cara menginstal software aplikasi dijelaskan dengan benar
·         Software aplikasi diinstal sesuai dengan SOP
·         Software aplikasi dioperasikan dan berjalan secara normal




II.     Materi Pembelajaran :
             Materials                                                                                           
Menginstal Sistem Operasi dan Program Aplikasi :
Fungsi software:
§ sistem operasi
§ aplikasi
Cara menginstal software :
§ sistem operasi
§ aplikasi
Cara mengoperasikan software :
§ sistem operasi
§ aplikasi

VII.           Metode Pembelajaran

           Methodes
-          Ceramah,
-          demonstrasi,
-          diskusi
-          praktek

VIII.    Proses Kegiatan Belajar Mengajar :

Teching learning Process

No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
1.      Kegiatan Awal ( Pre Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial







1.  Mengecek persiapan siswa kemudian berdo’a
2. Mendiskusikan Langkah awal penyalaan peralatan peralatan pointing device


5

10


Taqwa
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
2.      Kegiatan Inti( Whilst Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial

















·         Mempersiapkan software dan komputer yang akan diinstal.
·         Menjelaskan fungsi software sistem operasi.
·         Menjelaskan langkah-langkah instalasi software sistem operasi.
·         Menginstal software sistem operasi.
·         Mengoperasikan software sistem operasi.
·         Menjelaskan fungsi software aplikasi.
·         Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi.
·         Menginstal software aplikasi.
·         Mengoperasikan software aplikasi
`

30
Menit













60 menit


30 menit


45 menit


Kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
3.  Kegiatan Akhir ( Post  Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial



Menyimpulkan dan memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
15 menit




X.                    Alat ( Appliance )

LCD Proyektor
Komputer

XI.                 Bahan ( Subtansce )

Modul KKPI Kelas X
Artikel dari Internet

XII.               Penilaian  / Evaluasi ( Assessment / Evaluation )

Tes praktik, tugas mencari artikel dan observasi

a. Untuk Mata Diklat Produktif dan Mata Pelajaran Normatif  Adaptif yang praktik.
     ( For Subject Produktif and Normatif Adaptif wich work )

No
Nama Siswa
Name
Aspek yang dinilai ( score Aspect )
Nilai        ( Score )
Psikomotorik         ( Psikomotorik)
70 %
Kognitif    (Cognate )
 15 %
Sikap  (Attitude )
15 %
1





2





3






EVALUASI
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.      Berapa resolusi standard Desktop yang direkomendasikan …
A.    800 x 600
B.     640 x 480
C.     1024 x 768
D.    1280 x 1024
E.     1600 x 1200
2.      Pola warna layer desktop diubah pada pilihan …
A.    Screen saver
B.     Resolution
C.     Themes
D.    Background
E.     Web Page
3.      Lokasi penempatan file linux yang paling tinggi di lokasi folder
A.    Drive C :
B.     /Root
C.     CD Rom
D.    DVD Rom     
E.     Sub Folder
4.      Lokasi Indonesia dalam waktu standard global … dari patokan waktu global
A.    + 1 jam
B.     – 5 jam
C.     + 10 jam
D.    – 7 jam
E.     + 7 jam
5.      Salah satu screen saver dari linux adalah …
A.    Blank
B.     Starfield
C.     marquee
D.    Sonar  
E.     Beziers


Kuci Jawaban :

            1. A                 3. B                 5. D
            2. C                 4. E




                              

                               Ampelgading, Juli.2011
                                Anknowledge
                           WKS 1                                                                  Teacher



                       (Aris Budiriyanto, S.Pd)                                         (Rohman Pujadi, S.Kom)
                    NIP. 19770804 200701 1 008                                NIP. 19741111 200901 1 004
                         





































RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LESSON PLAN
( RPP )

Sekolah                         : SMK Negeri 1 Ampelgading
School
Mata Diklat                  : KKPI
Subject / level
Kelas /Semester            : X/1
Class / Semester           
Waktu                          : 18  jam x @ 45 menit ( 9 x pertemuan )
Duration
Pertemuan ke              : 12 - 20
Meeting to
Standart Kompetensi  : Mengoperasikan sistem operasi software
Competency                 
Kompetensi Dasar        : Mengoperasikan software pengolah kata
Basic  Competency
                                       
Indikator                      :
Indicator
1.      Fungsi software pengolah kata dijelaskan dengan benar
2.      Software pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon
3.      Berbagai software pengolah kata dioperasikan sesuai dengan SOP
4.      Perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasi dijalankan dengan benar
5.                File Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
6.                File Document dijalankan  dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail mergeFile Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
7.      File Document dijalankan  dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail merge
8.      File Document diatur dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (Potraid atau Landscap), margin
9.      Header dan footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang diaplikasikan pada file dokumen
10.  Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan sesuai  dengan parameter kertas dan printer
11.  File Document dicetak sesuai dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedi

I.          Tujuan Pembelajaran

        Goal
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat  menjelaskan :

·            Fungsi software pengolah kata dijelaskan dengan benar
·            Software pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon
·            Berbagai software pengolah kata dioperasikan sesuai dengan SOP
·            Perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasi dijalankan dengan benar
·            File Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
·            File Document dijalankan  dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail mergeFile Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)
·            File Document dijalankan  dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail merge
·            File Document diatur dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (Potraid atau Landscap), margin
·            Header dan footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang diaplikasikan pada file dokumen
·            Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan sesuai  dengan parameter kertas dan printer
·            File Document dicetak sesuai dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit

II.     Materi Pembelajaran :
             Materials                                                                                           
§  Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
·      Membuat, membuka dan menyimpan file document
·      Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
·      Pencetakan file document

II.                Metode Pembelajaran

           Methodes
-          Ceramah,
-          demonstrasi,
-          diskusi
-          praktek

III.         Proses Kegiatan Belajar Mengajar :

Teching learning Process

No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
1.      Kegiatan Awal ( Pre Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial







1.  Mengecek persiapan siswa kemudian berdo’a
2. Mendiskusikan Langkah awal penyalaan peralatan peralatan pointing device


5

10


Taqwa
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
2.      Kegiatan Inti( Whilst Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial

















·          Menjelaskan fungsi software pengolah kata
·          Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software pengolah kata sesuai SOP
·          Mengoperasikan melalui menu, shortcut atau icon pada berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Word (Microsoft Office), Text Document (Star Office), Witer (Open Office)
·          Membuat file dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain dengan menggunakan berbagai program aplikasi pengolah kata
·          Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file dokumen sesuai prosedur
·          Menyimpan file dokumen baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Document), html (Web page)
·          Menjelaskan dan melakukan pengolahan dan pengaturan pada file dokumen menggunakan perintah-perintah font, text aligment, bullet and numbering, border and shading, page break, coulumn, page setup, paragraf, format painter, header and footer, edit, paste, cut, mail merge
·          Menjelaskan langkah-langkah perintah cetak file dokumen dengan benar
·          Megoperasikan Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview serta menyesuaikan parameter kertas dgn printer
·          Mengoperasikan perintah cetak pada software pengolah untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit
·         Mencetak file dokumen
`

30
Menit

















30 menit








30 menit






60 menit





30 menit


45 menit




45 menit



















45 menit








90 menit



Kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
3.  Kegiatan Akhir ( Post  Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial



Menyimpulkan dan memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
15 menit




XIII.             Alat ( Appliance )

LCD Proyektor
Komputer

XIV.           Bahan ( Subtansce )

Modul KKPI Kelas X
Artikel dari Internet

XV.               Penilaian  / Evaluasi ( Assessment / Evaluation )

Tes praktik, tugas mencari artikel dan observasi

a. Untuk Mata Diklat Produktif dan Mata Pelajaran Normatif  Adaptif yang praktik.
     ( For Subject Produktif and Normatif Adaptif wich work )

No
Nama Siswa
Name
Aspek yang dinilai ( score Aspect )
Nilai        ( Score )
Psikomotorik         ( Psikomotorik)
70 %
Kognitif    (Cognate )
 15 %
Sikap  (Attitude )
15 %
1





2





3







                             

                               Ampelgading, Juli.2011
                                Anknowledge
                           WKS 1                                                                  Teacher



                       (Aris Budiriyanto, S.Pd)                                         (Rohman Pujadi, S.Kom)
                    NIP. 19770804 200701 1 008                                NIP. 19741111 200901 1 004
                         









RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LESSON PLAN
( RPP )

Sekolah                                   : SMK Negeri 1 Ampelgading
School
Mata Diklat                            : KKPI
Subject / level
Kelas /Semester                      : X/2
Class / Semester           
Waktu                                    : 21  jam x @ 45 menit ( 18 x pertemuan )
Duration
Pertemuan ke                        : 1-18
Meeting to
Standart Kompetensi            : Mengoperasikan sistem operasi software
Competency                 
Kompetensi Dasar                 : Mengoperasikan software spreedsheet
Basic  Competency

Indikator                                :
Indicator
Fungsi software spreadsheet (lembar sebar) dijelaskan dengan benar
·     Software spreadsheet (lembar sebar) dioperasikan melalui perintah start menu, shortcut atau icon
·     Berbagai software spreadsheet dioperasikan sesuai dengan SOP
·     Perintah-perintah pengelolaan file spreadsheet (lembar sebar) atau sheet (lembar kerja) seperti: membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain dioperasikan sesuai dengan SOP

I.           Tujuan Pembelajaran

        Goal
Siswa dapat  Mengoperasikan Software Spreadsheet

II.    Materi Pembelajaran :
        Materials                                                                                                
Aplikasi Software Spreadsheet:
·     Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
·     Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
·     Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada spreadsheet
·     Pencetakan file spreadsheet

III.     Metode Pembelajaran

        Methodes
-                           Ceramah,
-                           demonstrasi,
-                           diskusi
-                           praktek


IV.      Proses Kegiatan Belajar Mengajar :

Teching learning Process

No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
1.      Kegiatan Awal ( Pre Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial







1.      Menjelaskan fungsi software spreadsheet
2.      Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet
3.      Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet
4.      Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office)
5.      Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheetdengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet
15
Menit

30
Menit

15
Menit











45
Menit




45
Menit

Taqwa
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
2.      Kegiatan Inti( Whilst Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial

















1.      Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
2.      Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
30
Menit


























30 menit


Kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab
No
Kegiatan Belajar (  Learning Activites )
Waktu ( duration )
Pendidikan Kareteristik
3.  Kegiatan Akhir ( Post  Activites )
Teori
Theory
Praktik
Work
Du/Di
Industrial



1.       Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
2.       Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
3.       Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

15 menit










 

V.    Alat ( Appliance )

LCD Proyektor
Komputer

VI.   Bahan ( Subtansce )

Modul KKPI Kelas X
Artikel dari Internet

VII. Penilaian  / Evaluasi ( Assessment / Evaluation )

Tes praktik, tugas mencari artikel dan observasi
a. Untuk Mata Diklat Produktif dan Mata Pelajaran Normatif  Adaptif yang praktik.
     ( For Subject Produktif and Normatif Adaptif wich work )

No
Nama Siswa
Name
Aspek yang dinilai ( score Aspect )
Nilai        ( Score )
Psikomotorik         ( Psikomotorik)
70 %
Kognitif    (Cognate )
 15 %
Sikap  (Attitude )
15 %
1





2





3







                             

                  Ampelgading,      Januari 2012
                                Anknowledge
                           WKS 1                                                                  Teacher




                       (Aris Budiriyanto, S.Pd)                                         (Rohman Pujadi, S.Kom)
                    NIP. 19770804 200701 1 008                                NIP. 19741111 200901 1 004
                         














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH               : SMK NEGERI 1 AMPELGADING
MATA PELAJARAN          : KKPI
KELAS/SEMESTER           : X / 2
ALOKASI WAKTU             : 21 Jam x 45 Menit
PERTEMUAN KE               : 1 s/d 18
STAN DAR KOMPETENSI        : Mengoperasikan Sistem Operasi Software
KOMPETENSI DASAR      : 2.3 Mengoperasikan software spreadsheet
INDIKATOR                        : ●     Fungsi software spreadsheet(lembar sebar) dijelaskan dengan benar
·         Software spreadsheet (lembar sebar) dioperasikan melalui perintah start menu, shortcut atau icon
·         Berbagai software spreadsheet dioperasikan sesuai dengan SOP
·         Perintah-perintah pengelolaan file spreadsheet (lembar sebar) atau sheet (lembar kerja) seperti: membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain dioperasikan sesuai dengan SOP
I. TUJUAN
Siswa dapat :
1. Mengoperasikan Software Spreadsheet
II.    MATERI POKOK
Aplikasi Software Spreadsheet:
·    Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
·    Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
·    Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada spreadsheet
Pencetakan file spreadsheet
III.  METODE PEMBELAJARAN
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Demonstrasi
§  Pemberian Tugas
IV.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
·     Menjelaskan fungsi software spreadsheet
·     Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet
·         Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet
·         Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office)
·    Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheetdengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet
B.   KEGIATAN INTI
·       Instruktur memberikan tugas praktek menjalankan komputer dan mengisi lembar kerja menjalankan komputer kepada siswa dan dengan metode demonstrasi serta diskusi siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
·       Instruktur mengawasi demonstrasi menjalankan komputer dan pengisian lembar kerja yang dilakukan siswa
C.   KEGIATAN AKHIR
·       Kesimpulan: Membuat resume dari hasil praktik.
·       Tugas Terstruktur: Pekerjaan Rumah ( PR) diambil dari modul tugas 1:
·       Tugas Tidak Terstruktur : siswa ditugaskan untuk mempelajari mengenahi materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
V.     MATERI PEMELAJARAN
Aplikasi Software Spreadsheet:
·     Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet
·     Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet
·     Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada spreadsheet
·     Pencetakan file spreadsheet
VI.     ALAT /BAHAN SUMBER BELAJAR
1.     Alat/Bahan        : Personal Komputer, UPS, Internet, Software Aplikasi Spreadsheet,
printer, LCD Proyektor, Laptop
2.     Sumber Belajar  :   Modul KKPI, Buku Panduan Software Spreadsheet, Media pembelajaran PPT.

VII. PENILAIAN
·         Tes Tertulis
·         Tes Praktek
·         Tugas-tugas Observasi
                                                                                               
Waka Kurikukulum                                                             Guru Madik


Aris Budi Riyanto, S.Pd                                                   Rohman Pujadi, S.Kom
NIP. 19790820 200604 1 011                                              NIP. 19741111 200901 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Memberi masukan yang positif di blog ini!